Friday, November 14, 2014

Pertolongan pertama yang simple untuk PINGSAN dan MIMISAN pada ANAK



PINGSAN PADA ANAK

Jika adik-adik merasa pusing, mata berkunang-kunang dan serasa mau jatuh segeralah duduk dengan memeluk lutut. Inget ya kepala ditaruh di atas lutut supaya tidak jatuh ke belakang. Istirahat aja dulu, jangan terlalu cepat ingin bangun, nanti bisa pingsan lagi trus jatuh deh.. Ini yang harus adek adek lakukan bila belum ada teman yang menolong. Posisikan diri seperti gambar di samping ya..


Lalu panggil teman untuk meolong, bila ada teman lain yang menolong apa yang harus kalian lakukan?

PERTOLONGAN PERTAMA

1. Pegang badannya dulu lalu letakan kepalanya di bahu supaya tidak jatuh.
2. Temen yang mau pingsan dibaringkan di tempat yang aman. Hati-hati saat membaringkan kepala sama leher ya, jangan sampai jatuh.


3. Lihat nafasnya. Apakah masih lancar atau tidak. Kalau masih bernafas,kakinya diangkat dan disandarkan dengan tinggi sekitar 30cm. Biar gampang kakinya diganjal bantal 2 atau 3 buah.

4. Jangan lupa cari bantuan kepada tempat kesehatan terdekat. Sebaiknya orang yang tidak sadarkan diri jangan dikasih minum sebelum sadar ya, takutnya justru teman kalian akan tersedak.

MIMISAN PADA ANAK

Jika adek-adek mengalami mimisan (ada darah yang keluar dari hidung) yang harus dilakukan adalah

PERTOLONGAN PERTAMA
1. Duduk, jangan berbaring. Duduk dengan badan agak condong ke depan agar darah tidak tertelan atau terhirup masuk hidung lagi.

2. Jepit cuping hidung dengan jari telunjuk dan jempol. Jepit selama 10 menit agar darahnya berhenti mengalir. Selama 10 menit tersebut bernafaslah dengan mulut dan letakan kompres es di area hidung

3. Jika setelah 10 menit masih berdarah, maka hembuskanlah nafas lewat hidung agar tidak ada jendalan darah di hidung.
4. Hubungi dokter jika mimisan tidak berhenti setelah 20 menit.




PERHATIAN!
Jangan mengorek atau memasukan sesuatu ke dalam lubang hidung. Kecuali pengobatan dengan 1 daun Sirih muda yang dilumatkan kemudian digulung dan dimasukan kelubang hidung.
Bila ingin bersin, bersinlah dengan mulut terbuka. Jangan menelan darah, darah tersebut harus keluarkan dari mulut.
Jangan panik dan tetap tenang untuk mencari pertolongan dokter. Kepanikan dan berlari saat mimisan dapat menyebabkan darah semakin banyak yang keluar.

No comments: